Pujian, Membuka Pintu Mukjizat

Memuji dan menyembah Tuhan, tentu hal ini sudah menjadi bagian hidup bagi orang Kristen. Salah satu hal utama yang dilakukan ketika memuji dan menyembah Tuhan adalah menyanyi. Dalam Alkitab ada lebih dari 400 referensi tentang memuji Tuhan dengan bernyanyi, dan 50 perintah langsung untuk menyanyi. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran pujian dalam kehidupan orang percaya.

Mengapa kita harus memuji Tuhan dengan nyanyian?

Karena Tuhan sendiri juga melakukannya, (Zefanya 3:17 FAYH), dan juga Yesus Kristus menyanyikan pujian bagi Tuhan bersama murid-murid-Nya. Dalam Efesus 5:18-19 Rasul Paulus memerintahkan untuk bernyanyi dan bersorak bagi Tuhan dengan segenap hati.

Dua dampak memuji Tuhan:

1. Dengan menyanyi dan memuji Tuhan dapat membantu kita menghafal firman Tuhan.

Musik membantu kita mengingat kata-kata dengan mudah.

2. Menyanyi membantu untuk membangkitkan emosi. Musik adalah bahasa emosi, dan hal ini efektif untuk membangkitkan semangat ataupun menenangkan jiwa (Anda dapat melihat contoh dari dampak pujian ini dengan membaca kisah Daud yang menenangkan Saul dengan nyanyiannya).

Pujian merupakan sebuah tindakan akan kekaguman dan hormat, dalam hal ini kita tujukan kepada Tuhan. Memuji dan menyembah Tuhan membuka jalan bagi kita untuk membangun hubungan yang lebih intim dengan Dia. Pujian juga mengalihkan perhatian kita dari masalah kita dan memandang kepada keberadaan Tuhan serta kekuasaan-Nya.

Ketika kita mengarahkan hati, pikiran, tubuh dan jiwa kita melalui pujian, kita mengembalikan kemuliaan itu kepada-Nya. Hasilnya, diri kita akan merasakan damai dan kepenuhan (Yesaya 26:3).

Puji-pujian juga memberi kita jaminan keamanan di dalam Tuhan. Ketika kita meninggikan Dia, maka Tuhan akan memberikan perlindungannya yang penuh kasih (2 Samuel 22: 47-51). Anda bisa melihat kuasa dari puji-pujian ketika tembok Yerikho runtuh (Yosua 6:1-21). Puji-pujian juga membuat gempa terjadi dan pintu-pintu penjara yang memenjara Paulus dan Silas terbuka (Kisah Para Rasul 16:25-26).

Jadi, puji-pujian memiliki banyak manfaat dan berkuasa untuk menghadirkan Kerajaan Allah di bumi ini. Jika Anda bersungguh-sungguh memuji Tuhan, percayalah bahwa Anda bisa merobohkan tembok-tembok penghalang dan ikatan-ikatan yang mengikat kehidupan Anda.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s